Detail Cantuman

ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) EMPAT KARAKTERISTIK USER DENGAN PERANGKAT DAN PROVIDER BERBEDA (STUDI KASUS : ALUN-ALUN GARUT DAN ALUNALUN TAROGONG)

ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) EMPAT KARAKTERISTIK USER DENGAN PERANGKAT DAN PROVIDER BERBEDA (STUDI KASUS : ALUN-ALUN GARUT DAN ALUNALUN TAROGONG)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan Quality of Service
(QoS) dari empat karakteristik pengguna dengan perangkat dan penyedia layanan
yang berbeda di dua lokasi, yaitu Alun-Alun Garut dan Alun-Alun Tarogong.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan Wireshark, dengan aktivitas streaming
YouTube pada resolusi 1080 pixel dan capture data sekitar 10.000 data selama jam
sibuk dan tidak sibuk, berdasarkan jumlah orang di lokasi penelitian yang kemudian
hasilnya dibandingkan dengan standar TIPHON. Penelitian ini menggunakan
empat perangkat berbeda yang terhubung ke smartphone dengan empat provider
4G LTE berbeda yaitu provider By U, IM3 Ooreedo, Smartfren dan XL Axiata.
Parameter QoS yang dianalisis adalah Throughput, Packet loss, Delay, dan Jitter.
Berdasarkan hasil analisis di dua lokasi, provider yang paling diunggulkan adalah
XL Axiata dengan nilai parameter Throughput pada jam tak sibuk 34862,33 kbps
dan pada jam sibuk 6032,106 kbps, nilai parameter Packet loss dengan nilai pada
jam tak sibuk 0,0105% dan pada jam sibuk 0,0605%, nilai parameter Delay pada
jam tak sibuk 3,892 ms dan pada jam sibuk 4,759 ms, nilai parameter Jitter pada
jam tak sibuk 3,8035 ms dan pada jam sibuk 4,8155 ms. Ini menunjukkan bahwa
kualitas layanan mengalami penurunan selama jam sibuk di kedua lokasi. Secara
keseluruhan jika dibandingkan dengan standar TIPHON, parameter yang paling
mengalami perubahan adalah Throughput dimana nilainya mengalami kenaikan
dan penurunan secara drastis.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Nabila Nurfitriani/24052220057
Pengarang Bambang Sugiarto, S.T., M.Si. - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Tri Arif Wiharso, M.Pd. - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Edisi
No. Panggil 004 NAB 2024
Subyek Wireshark
Quality of Service
Streaming YouTube
TIPHON
Klasifikasi 4
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit Garut
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Bambang Sugiarto, S.T., M.Si.. (2024).ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) EMPAT KARAKTERISTIK USER DENGAN PERANGKAT DAN PROVIDER BERBEDA (STUDI KASUS : ALUN-ALUN GARUT DAN ALUNALUN TAROGONG)().Garut:Fakultas Teknik

Bambang Sugiarto, S.T., M.Si..ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) EMPAT KARAKTERISTIK USER DENGAN PERANGKAT DAN PROVIDER BERBEDA (STUDI KASUS : ALUN-ALUN GARUT DAN ALUNALUN TAROGONG)().Garut:Fakultas Teknik,2024.

Bambang Sugiarto, S.T., M.Si..ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) EMPAT KARAKTERISTIK USER DENGAN PERANGKAT DAN PROVIDER BERBEDA (STUDI KASUS : ALUN-ALUN GARUT DAN ALUNALUN TAROGONG)().Garut:Fakultas Teknik,2024.

Bambang Sugiarto, S.T., M.Si..ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) EMPAT KARAKTERISTIK USER DENGAN PERANGKAT DAN PROVIDER BERBEDA (STUDI KASUS : ALUN-ALUN GARUT DAN ALUNALUN TAROGONG)().Garut:Fakultas Teknik,2024.

 



Status Pengunjung Repository

Flag Counter Repository Universitas Garut

Layanan Perpustakaan

Perpustakaan FTEKNIK UNIGA Repository FTEKNIK UNIGA Official
Upload Mandiri Tugas Akhir Repository FTEKNIK UNIGA Official

Alamat

Fakultas Teknik Universitas Garut
Jalan Jati No. 42 B Tarogong
Kab. Garut 44151 Jawa Barat, Indonesia.
E: fteknik@uniga.ac.id