ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) KINERJAPROVIDER ICONNET DI KAMPUNG CIATEULKABUPATEN GARUT MENGGUNAKAN SOFTWAREWIRESHARK
Internet telah menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi setiap individu dalam
melaksanakan kegiatan mereka. Untuk menilai mutu jaringan internet, perlu adanya
proses pengukuran yang dikenal sebagai Quality of Service. Melakukan pengukuran
Quality of Service bisa mendukung dalam menilai performa penyedia layanan
internet. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur nilai parameter Quality of
Service di 5 pelanggan Iconnet dan membandingkan bagaimana kualitas provider
IconNet pada pagi, siang, sore, dan malam hari. Data dikumpulkan dengan
melakukan pemantauan saat melakukan streaming Youtube menggunakan
perangkat lunak Wireshark selama periode pemantauan selama 2 jam dengan
penggunaan paket data 10 Mbps dan 20 Mbps dari layanan IconNet. Dalam
penelitian ini, terdapat 5 pelanggan yang menggunakan jaringan internet IconNet.
Data yang dianalisis dalam penelitian ini diproses menggunakan parameter Quality
of Service, seperti throughput, kehilangan paket data (paket loss), keterlambatan
(delay), dan fluktuasi waktu (jitter). Selanjutnya, analisis dilakukan dengan
membandingkan data yang diperoleh dengan standar TIPHON. Pengambilan data
dilaksanakan di wilayah Kampung Ciateul, Kabupaten Garut. Hasil dari penelitian
di 5 pelanggan jaringan Iconnet memiliki nilai delay yang sangat bagus dengan nilai
kurang dari 150 ms dengan Index 4 dan paket loss yang bagus dengan Index 3
dengan nilai kurang dari 3% Parameter jitter yang berada dalam kategori bagus
dengan Index 3 dengan nilai kurang dari 75 ms dan akan tetapi parameter
throughput memiliki perbedaan diantara-Nya, Pelanggan 1 pada pagi, siang, dan
malam hari memperoleh nilai lebih dari 50% Index 3 kategorinya bagus sedangkan
pada sore hari lebih dari 75% Index 4 kategorinya sangat bagus. Pelanggan 2 pada
pagi dan sore hari memperoleh nilai lebih dari 50% Index 3 kategorinya bagus
sedangkan pada siang dan sore hari kurang dari 50% Index 2 kategorinya sedang.
Pelanggan 3 pada pagi dan malam hari memperoleh nilai lebih dari 50% Index 3
kategorinya bagus sedangkan pada siang dan sore hari kurang dari 100% Index 4
kategorinya sangat bagus. Pelanggan 4 pada pagi dan siang hari memperoleh nilai
lebih dari 50% Index 3 kategorinya bagus sedangkan pada sore dan malam hari
kurang dari 50% Index 2 kategorinya sedang. Pelanggan 5 pada pagi, siang, sore,
dan malam hari memperoleh nilai di bawah 50% Index 2 kategorinya sedang. Ini
menunjukkan bahwa meskipun ukuran paketnya sama, tidak menjamin bahwa
kecepatan transfer data akan sama. Bertambahnya jumlah pengguna jaringan
IconNet akan menyebabkan penurunan mutu parameter Quality of Service.
Penggunaan jaringan IconNet lebih optimal pada waktu sore dibandingkan pada
waktu pagi.
Detail Information
Citation
Tri Arif Wiharso, M.Pd. (2023).
ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) KINERJAPROVIDER ICONNET DI KAMPUNG CIATEULKABUPATEN GARUT MENGGUNAKAN SOFTWAREWIRESHARK().Garut:Fakultas Teknik
Tri Arif Wiharso, M.Pd.
ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) KINERJAPROVIDER ICONNET DI KAMPUNG CIATEULKABUPATEN GARUT MENGGUNAKAN SOFTWAREWIRESHARK().Garut:Fakultas Teknik,2023.
Tri Arif Wiharso, M.Pd.
ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) KINERJAPROVIDER ICONNET DI KAMPUNG CIATEULKABUPATEN GARUT MENGGUNAKAN SOFTWAREWIRESHARK().Garut:Fakultas Teknik,2023.
Tri Arif Wiharso, M.Pd.
ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) KINERJAPROVIDER ICONNET DI KAMPUNG CIATEULKABUPATEN GARUT MENGGUNAKAN SOFTWAREWIRESHARK().Garut:Fakultas Teknik,2023.